Tuesday, September 29, 2015

Part 9 - Sekolah bahasa di Jepang - Acara Sekolah & Kegiatan

Belajar bahasa di Jepang itu seru.

Gak melulu belajar lihat buku di kelas. Tapi banyak kegiatan luar kelas bareng2 murid seperti piknik, makan bareng sekelas, dan acara2 budaya, Jadi bisa banyak kesempatan buat kenalan sama orang2 baru dari kelas atau lingkungan yg beda.

Selama di sini, saya ikutin semua kegiatan yg ada. Ada acara hiking ? Ikut! BBQ ? Ikut! Belajar bareng? Ikut ! Gathering apa pun, ikut! Pokoknya semua kegiatan saya ikutin ^^

Prinsipnya ya udah jauh2 ke sini, ya mesti dinikmati semaksimal mungkin, kenalan dan latihan ngomong sebanyak mungkin. Daripada bengong liatin HP doank di kamar, di jakarta juga bisa.

Di sekolah juga saya coba sok akrab sama semuanya. Di kelas seperti ada grup2 masing2 negara gitu. Banyak dari Korea dan China, mainnya hanya sesama teman senegara. Susah berbaur dan pada malas pakai bahasa jepang.  Tapi gak semuanya koq, lama2 tau sendiri mana murid2 yg mau latihan bahasa jepangnya, dan pelan2 jadi sering main bareng.

Setelah sekitar 2 minggu belajar, kita bikin rencana pergi makan minum bareng sekelas. Ajak sensei juga, dan ternyata sensei juga semangat. Jadilah malamnya janjian ketemu di sekolah, dan pergi ke izakaya (tempat minum dan nyemil yakitori) di Shinjuku.

Pertama kali saya masuk ke izakaya. Naik ke lantai 2 ruko, tempatnya sempit (buat standar resto indo), bau asap rokok. Namanya gampang inget, 'Warawara'. Di izakaya jarang ada makanan berat, lebih ke cemilan kayak yakitori dan teman2nya buat minum bir/sake.

Dan malam itu baru tau juga, di sini bisa minum bir/sake all u can drink, cuma 1200 yen! Boleh pesan sepuasnya minuman apa aja dari bir, sake, cocktail, kopi dsb, dibatesin sih cuma 2 jam. Tapi buat yg doyan minum.. ini MURAH banget !!! Saya sampai terharu


Sekelas hampir semua ikut, sampai 2 meja. Nah disini jadi saling ngobrol banyak, baru bener2 tau karakter  temen2 sekelas disini. Memang alkohol itu bikin meriah suasana ^.^   Teman dari China yg di kelas serius & dewasa banget...di sini bisa liat versi lain dia yg ketawa terus, kebanyakan minum sampai ke toilet pun harus dibantuin.

Sampai hampir tengah malam, pulang masing2, kuatir juga pada selamat sampai rumah gak ya. Setelah acara ini, suasana di kelas jadi lebih santai dan bisa banyak becanda.

Foto bersama sensei kesayangan


Hiking ke Tanzawa-san

Team foto sebelum naik gunung


Di sekolah pada ngajakin pergi hiking naik gunung Tanzawa, sekitarnya Fuji-san. Bukan acara sekolah doank sih, tapi umum juga boleh ikut. Temen2 sekelas pada gak mau ikut. Saya gak pake mikir dua kali, langsung daftar. Akhirnya dari kelas saya cuma berdua yang ikut.

Minggu pagi kumpul di stasiun bus Shinjuku, naik bus sekitar 2 jam. Cuma teman sekelas saya si orang Taiwan yg saya kenal. Lainnya murid2 kelas lain, dan ada banyak orang jepang juga. Sepanjang perjalanan jadi ngobrol, dan banyak ketemu orang2 yang jago2 bahasa jepangnya. Jadi bersyukur banget saya ikut.

Sampai di Tanzawa-san, kita langsung jalan kaki ikutin jalur track sampai ke atas gunung. Ini termasuk gunung kecil sih, jadi jalan 1-2 jam juga udah sampai ke puncak. Lumayan capekkk.. Sepanjang perjalanan naik juga menurut saya pemandangan biasa aja sih. Lebih bagus waktu hiking bareng Evergreen ke gunung Salak di Sukabumi. Kalau soal alam, Indonesia itu bagus banget. Cuma sayang fasilitas-nya gak diurus serapi disini. Akhirnya sampai di puncak, foto2, istirahat dulu.

Berhasil sampai puncak



Di atas ada tempat peristirahatan bisa beli makanan. Oke, begitu doank sih, saatnya turun gunung. Di perjalanan agak serem juga ada jurang2 kecil disamping jalanan. Sempet ketemu 1 tempat sembayang kayak kuil kecil. Keren banget di tengah2 gunung begini. Malam2 pasti serem.

Kuil misterius di tengah gunung
Tangga menuju kuil

Naik bus pulang. Capek banget, tapi jadi pengalaman yg seru. Gunungnya sih biasa aja. Tapi bisa banyak latihan ngomong dan kenalan teman2 baru, jadi udah seneng.

Acara BBQ sekolah


Di pertengahan Mei, sekolah bikin acara BBQ rame2, semua kelas ikut. Sewa tempat bbq di taman, Meiji Kinen Gyoen. Patungan beli daging, lalu masing2 murid juga diberi tugas buat bawa makanan dari negaranya. Waduh, bingung juga mau siapin masakan Indonesia apaan. Nasi goreng bikinan saya yakin banget pasti gak enak. Gado2 gak ada gula jawa. Akhirnya menyerah, beli salada, wortel, sayur2an macem2, kasih bumbu salad sama keju parut :D  Jadilah salad " khas indonesia "  

Salad ala Sugita

Sampai di taman, masing2 kelas dapet tenda dan tempat panggang. Mulai deh gotong royong siapin makanan, panggang daging, bikin yakisoba. Sekarang ini teman2 sekelas sudah pada akrab, jadi seru banget. Cobain makanan korea, bibimbab, sama mie aneh dingin pedes. Lalu bareng2 bikin yakisoba sendiri. Dan ternyata, yg gak diduga, salad bikinan saya laku juga dan pada bilang enak (basa basi)



Habis makan & ngobrol2, main bola di lapangan. Rata2 orang negara mana pun, kesukaannya sama, sepak bola.


Teman sekolah cantik dari Korea


Siswa Korea & Rusia

Banyak acara2 lainnya. Tiap minggu ada gathering untuk umum, siapa pun boleh ikut, ngobrol apa saja, dan biasanya ada volunteer orang jepang. Sekali2 sekolah undang mahasiswa Jepang datang ke kelas, untuk kenalan dan ngobrol2.

Di musim panas, ada acara ke pantai, dan acara pakai yukata / kimono.. Sayangnya saya sudah tidak di sini :(


Lanjut ke post berikutnya ~

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang















































No comments:

Post a Comment