Tuesday, September 29, 2015

Part 8 - Sekolah bahasa di Jepang - Pelajaran di Kelas

Saya belajar bahasa di EastWest Japanese Language School selama 1 semester 3 bulan, April - Juni 2010.












Di Jepang ada banyak sekolah bahasa seperti ini, tujuan utamanya untuk persiapan siswa sebelum masuk kuliah. Tapi banyak juga koq yang kesini hanya untuk belajar bahasa saja.

Rata-rata sistemnya hampir sama. Kelas tiap Senin - Jumat, sekitar 4 jam sehari.
Ada 2 shift, kelas pagi sekitar jam 9 - 13, kelas siang sekitar jam 13 - 17

Waduh apa gak bosen ya belajar bahasa doank sampai 4 jam sehari. Sempet kepikiran gitu sih, tapi ternyata seru banget koq. Apalagi kalau sudah beberapa minggu dan  temen2 sekelas udah saling kenal. Belajarnya gak tegang kayak di kuliah kampus, tapi santai2 aja belajar bahasa sambil praktik ngomong bahasa Jepang.

Teman dari Korea & Taiwan

Di Eastwest ini kelas dibagi 4 pelajaran, masing2 50 menit, lalu  tiap kelas ada break 10 menit.
Tiap kelas ada 2 sensei, mereka ngajar ganti2an.

Sensei kelas saya dua2nya ibu2. Okuyama-sensei, dan Ogata-sensei.
Dari pertama ketemu, ramah banget. Tapi memang biasanya kalau sensei bahasa di sana itu rata2 ramah semua sih ya, udah salah satu syarat jadi guru kayaknya sih.

Okuyama-sensei mungkin sekitar 40-50 tahun, orangnya ceria sekali, tiap ngajar selalu happy. Biar kadang2 di kelas muridnya lagi pada gak minat belajar dan kecapean gak konsen:D ,, tetep dia selalu semangat. Sama murid juga care. Sampai sekarang jadi tujuan saya semoga bisa ngajar seperti itu.

Foto sama Okuyama-sensei


Ogata-sensei lebih tua, ngajarnya standar sih ya seperti biasa. Tapi logat dia ini ketara banget... Saya perhatiin biasanya orang Jepang yg udah berumur, dan asalnya dari kota kecil, ngomongnya lebih susah dimengerti. Kadang bingung dia ngomong kata apa

Foto sama Ogata-sensei

Nah, soal pelajarannya.

Kelas pertama, Kanji dan Goi (Vocab).
Di kelas ini pakai buku pelajaran kanji, dan list vocab sehari2 seperti kosakata di jalan, toko, stasiun dsb.
Belajar kanji tiap hari sekitar 20 kanji. Dan tiap hari ada quiz O_0
Ini sih pelajaran hafalan ya, jadi ya asal rajin kerjain tugas, pasti bisa koq.

Kelas kedua, Bunpo (Grammar)
Grammar bahasa Jepang ada banyak banget. Tapi sebenarnya sih di Evergreen juga udah belajar hampir semuanya. Di Indonesia juga bisa kita pelajari grammar2nya.

Kelas ketiga, Dokkai (Comprehension)
Di kelas ini latihan baca artikel majalah atau koran, kita harus mengerti dengan baik isi cerita itu, lalu ada latihan2nya, bikin kalimat, diskusi.

Kelas keempat, Kaiwa (Conversation)
Kelas ini favorit saya, jadi tiap hari ada topik tertentu untuk diskusi, tanya jawab. Masing2 harus ngomong. Sering juga bikin grup di kelas, lalu main game tebak2an, atau adu pidato. Seru banget. Disini paling banyak latihan ngomong dan melatih percaya diri.

       

Tiap kelas selesai, ada break sekitar 10 menit. Para perokok biasanya langsung ngumpul di depan/belakang sekolah. Murid lain ngobrol di kelas atau ke bawah beli minum. Di Jepang itu dimana2 pasti ada vending machine. Di dalam sekolah juga pasti ada :D

Selain pelajaran utama di atas, ada juga kelas persiapan EJU (Examination for Japanese University), buat murid2 yang mau lanjut masuk universitas.

Jadi masuk universitas di Jepang perlu EJU ini, dan tentunya JLPT (Japanese Language Proficiency Test) level N2.

Ujian EJU ini dari bahasa Jepang, matematika, fisika, pengetahuan umum, tergantung dari jurusan kuliah yang mau diambil. Dan saya coba intip soal2 latihan ujiannya.... Susah !!! 

Harus persiapan betul2 kalau mau masuk universitas di Jepang.

Setiap akhir semester 3 bulan, ada ujian semester, lalu libur sekitar 2 minggu.

Sebenarnya di Indonesia juga kita bisa belajar grammar, kanji, comprehension, dan latihan percakapan. Bedanya disini kita setiap hari dipaksa harus bicara bahasa jepang. Teman2 sekelas gak ada yang bisa inggris (kecuali 1 orang rusia), jadi mau gak mau setiap hari harus ngomong jepang.

Selama disini gak pernah sedikit pun saya bicara indonesia. Waktu itu sampai sudah sebulan disana, akhirnya saya telpon ke keluarga di jakarta, dan baru sadar udah lama banget gak ngomong indo ^.^


 Lanjut ke post berikutnya ~

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang









No comments:

Post a Comment