Saturday, October 10, 2015

Part 10 - Sekolah Bahasa di Jepang - Jalan2 & Hangout dengan teman sekolah

Saat2 paling menyenangkan selama belajar di Jepang pastinya waktu jalan2 dan kumpul bareng teman2 sekolah.


Pelajaran di kelas memang penting, tapi buat saya yg bikin cepet improve yaitu banyak ngobrol sama teman2. Pergi jalan2, makan bareng, atau sekadar kumpul2 hangout aja. Yang penting bisa terus latihan conversation tiap hari. Udah jauh2 ke jepang, sayang donk kalau kerjanya di rumah aja nonton tv.

Saya murid Indonesia sendiri di kelas, jadi saya coba sok akrab sama semuanya. Kalau diperhatikan, murid2 dari China biasanya rajin banget belajar. Pulang sekolah, kerja parttime. Hemat banget jarang mau diajak jalan2 atau makan di luar. Murid dari Korea kebalikannya, kerjanya main mulu. Sering banget gathering di restoran korea sambil minum2.


Kadang2 saya join mereka. Biasanya makan di restoran BBQ korea, daging babi dipanggang langsung di panggangan atas meja, makan dibungkus daun mentah/salada. Gak tau apa namanya, di jakarta juga lagi ngetrend makanan ini. Sambil minum bir/soju (arak Korea). Rata2 orang Korea kuat minum, mungkin lebih kuat dibanding orang Jepang. Sampai abg2 cewe nya yg imut2 pun kuat minumnya.



Seru banget kalau sudah kumpul dengan mereka, tapi ya gak bisa sering2.. Boros ^_^

 GOLDEN WEEK

Awal mei ada liburan panjang, Golden Week. Libur nasional seminggu penuh. Biasanya orang2 pulang kampung atau jalan2. Kayak lebaran. Semua tempat wisata rame. Minggu ini tiap hari nonstop jalan2.

Hari pertama GW, teman2 sekelas janjian pergi ke kuil Meiji Jingu. Di Tokyo ada 2 kuil besar yg terkenal, Meiji Jingu di dekat Harajuku, dan Sensoji di Asakusa.
Gerbang Meiji Jingu

Drum Sake sepanjang jalan

Masuk gerbang Meiji Jingu, lewatin hutan kecil. Gak berasa kalau kita ada di tengah Tokyo. Di kuil bisa coba ramal nasib, kocok tabung sampai sumpit yg ada nomornya keluar. Lalu dapat ramalan sesuai nomor di sumpit itu. Kalau ramalan bagus, dibawa pulang. Kalau jelek, digantung disitu supaya buang sial.
Bisa juga tulis wish di papan kecil lalu digantung di pohon. Banyak jualan jimat2 juga, buat harta, lulus ujian, keselamatan, jodoh dsb dsb.
Papan kecil tempat gantung wish supaya terkabul
Beruntung banget pas kesini ternyata lagi ada acara pernikahan tradisional Jepang. Lucu juga upacara pernikahan sambil dikelilingin turis foto2.


Besoknya pergi ke kuil Senso-ji di Asakusa. Kuil ini penuhhh sama turis asing. Beda suasananya dengan Meiji Jingu. Dari masuk udah langsung lewatin toko suvenir sepanjang jalan. Toko suvenir dan kue disini bagus.
Nakamise street, jalanan penuh toko menuju kuil




Kaminari-mon, Gerbang masuk kuil
Penjual kue yang cantik ^^
Saya penasaran coba ramal nasib di sini, cukup bayar 100 yen. Dan ternyata katanya tahun ini nasib saya bagus banget. Bakal ketemu teman2 penting dalam hidup ^^


Sore hari enaknya jalan2 di taman. Justru selama di Tokyo jarang saya main2 di mall. Tinggal jalan2 kelilingin taman, piknik sambil makan bento juga udah seneng. Taman paling bagus Shinjuku Gyoen. Tapi favorit saya mungkin Yoyogi-koen, taman ini luas banget, tiap hari minggu sering ada acara/bazar. Suasananya enak.

Best friend dari Taiwan
Wah ini bahagia banget ^^


Suasana Bazar di Yoyogi Koen


 
Festival doggy di Yoyogi
 
Tokyo Tower

Belum lengkap kalau ke Tokyo gak mampir ke Tokyo Tower. Di sini bisa naik ke atas naik lift buat lihat pemandangan. Naiknya lumayan mahal lho, gak gratis. Di bawah ada musium kecil. Menurut saya biasa aja sih, agak tourist trap. 1 kali kesini udah cukup. Di Shinjuku Metropolitan Government Building bisa naik ke atas buat lihat pemandangan yang sama, gratis! 
 


Pemandangan kota dari Tokyo Tower
 

 Themepark & Zoo

Selain Disneyland & Disneysea, sebenarnya ada banyak themepark lain di Tokyo. Salah satunya Toshima-en di Nerima. Ada kolam renang dan taman bermainnya, kayak dufan ancol. Kita berempat coba pergi kesini, gak terlalu rame. Themepark ini salah satu yg tertua di Tokyo. Mainannya juga gak ada yg serem atau seru banget sih, biasa aja. Kebanyakan buat orang2 Jepang pacaran disini.

Besoknya pergi ke daerah Ueno. Ueno ini saya suka banget, masih ada suasana zaman dulu. Beda sama Shinjuku Shibuya yang modern. Di dekat stasiun Ueno ada taman yg luas banget, terkenal buat sakura hanami. Di dalam taman ada kebun binatang dan beberapa museum.

Masuk kebun binatang murah, cuma 600 yen (70 ribu rupiah). Dalemnya ya bagus standar kayak Singapore Zoo. Saya sampai 2 kali main kesini.

Red Panda
Ghibli Museum

Dari semua tempat, yang paling berkesan di Ghibli Museum di pinggiran Tokyo, Mitaka. Studio Ghibli ini studio animasi legendaris, no 1 di Jepang. Mereka yg produksi Totoro dan kawan2. Sebenarnya saya juga sama sekali gak pernah nonton film2 mereka, gak kenal. Tapi ikut pergi kesini aja karena diajak.


Pertama sampai, langsung kagum lihat design bangunan museumnya, kayak rumah2 khayalan di anime. Keren banget. Masuk ke dalam rumah, interiornya keren, banyak pajangan gambar dan film Ghibli, ada replika ruang kerja animatornya. Saya yang sama sekali gak pernah nonton film ghibli aja suka banget disini.
Di atas gedung ada taman kecil dijaga sama robot penjaga jadi aman.

Robot penjaga museum
 Saking demennya, tiap pergi ke jepang saya selalu sempetin kesini ajak teman2. Recommended bgt buat semua, apalagi buat temen2 ilustrator suka gambar, wajib kesini.

Neko bus
Sayang di dalam gak boleh foto2.

FUJI-Q HIGHLAND (Fuji-Kyuu)


Themepark penuh jetcoaster seram ini ada di samping Fuji-san. Di sini ada jetcoaster Fujiyama yang sempat masuk rekor jetcoaster tertinggi di dunia (sekarang udah kalah). Seru banget buat yg suka mainan uji nyali, plus lagi ini pas di samping gunung Fuji. Jadi pemandangan indah.

Buat kesini bisa naik bus dari Shinjuku Station, sekitar 2,5 jam langsung sampai ke Fuji-Q. Banyak banget jetcoaster extreme. Ada yang tinggi banget. Ada yang super cepet. Ada yang bangkunya muter2. Gila banget. Waktu kesini juga lumayan rame. Antre 1 game bisa 1 jam lebih. Untungnya sempet cobain semua ^^ Takut banget sih tapi nanti nyesel kalo gak cobain.

Pintu masuk Fuji-Q


Fujiyama, jetcoaster tertinggi di dunia sampai beberapa tahun lalu

Dodonpa, jetcoaster super cepet kayak ferrari
Danau untuk iceskating

Semuanya seru banget, kecuali 1 jetcoaster ini yg namanya 'EE ja nai ka'... kelewat serem buat saya ~.~ Bayangin aja dari awal meluncurnya kebalik ngadep belakang, terus sambil meluncur, kursinya bisa muter 360 derajat. Jadinya saya merem aja ketakutan.

ee janai ka
Ini juga serem, naik dulu sampai tinggi, baru muter2
Disini juga ada rumah hantu yang gede banget tema rumah sakit. Sayangnya waktu saya pergi lagi renovasi.

Sebenarnya saya cuma naik ini doank ~.~

Ini satu tempat yang harus dikunjungi selain Disneyland & Disneysea. Keren banget.


Banyak banget tempat yg menarik buat dikunjungin di Tokyo, dari Shinjuku Shibuya Harajuku, Tokyo Dome, Odaiba, taman2, kuil di Asakusa. Setelah 2 bulan disini, hampir semua tempat di Tokyo sudah saya kunjungin. Belakangan jadi jarang jalan2, lebih sering kumpul di apartment teman sambil masak2 sendiri.

Waktu bareng temen2 ini jadi momen kenangan paling happy selama di Jepang. Dan juga banyak improve bicara bahasa Jepang

Lanjut ke post berikutnya ~

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang




No comments:

Post a Comment