Thursday, September 24, 2015

Part 1 - Sekolah bahasa di Jepang - Introduction

Hajimemashite,

Saya Sugita Chandra, sekarang mengajar di Kursus Jepang Evergreen.

Kursus bahasa Jepang Evergreen ada di Jakarta Pusat, sampai sekarang sudah lebih dari 40 tahun lho bergerak di bidang pendidikan bahasa Jepang, penerbit buku pelajaran & kamus, sampai konsultan pendidikan ke Jepang.

Tahun 2010 saya dapat kesempatan belajar bahasa selama 3 bulan di Tokyo. Sudah cukup lama ya ^^  tapi baru sekarang kepikiran bikin blog, supaya teman-teman bisa ada bayangan tentang kehidupan dan sekolah di Jepang.

Sebelumnya, mengenai sekolah bahasa di Jepang, kita bisa sekolah semester pendek (1 - 3 bulan), dan semester panjang (6 bulan - max 2 tahun). Berangkat bisa di April (musim semi), Juli (musim panas), Oktober (musim gugur), dan Januari (musim dingin). Belajar bahasa Senin - Jumat sekitar 4 jam sehari.

Bukan hanya belajar bahasa saja, di sekolah juga banyak program budaya, acara jalan2 dan berbagai kegiatan seru.

Biaya sekolah memang cukup tinggi, kasarnya 1 tahun sekitar 85 - 90 juta rupiah.. Itu baru uang sekolah saja lho, belum uang kamar dan makan dsb.

Tapi jangan khawatir, siswa boleh kerja parttime (khusus sekolah 6 bulan ke atas), seperti di restoran, toko, atau pabrik. Kerja 3-4 jam sehari, gaji sebulan lebih dari 10 juta rupiah. Cukup untuk biaya hidup. Bahkan kalau sekolah di kota kecil di luar Tokyo, kita bisa menabung lumayan banyak gaji parttime tiap bulan

Kalau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut mengenai info sekolah, cara pendaftaran dsb, bisa add LINE ID saya sugitachandra ya, atau cek di website Evergreen : www.kursus-jepang-evergreen.com

Evergreen siap membantu konsultasi dan pendaftaran sekolah bahasa ke Jepang buat teman2 di seluruh Indonesia koq.

Alamat Kursus Jepang Evergreen :
Jl. Kartini 2 no.34B
Jakarta Pusat. Tel. 021-3805995

Oke, sekian intro-nya. Langsung kita mulai dari awal ya.


Saya sudah belajar di Evergreen sekitar 2 tahun. Kurang lebih grammar, kanji dan conversation bahasa Jepang sudah saya pelajari semua di Evergreen. Sekalian promosi sekolah ^^. Evergreen ini salah satu sekolah bahasa Jepang pertama di Jakarta, sampai sekarang masih bertahan sebagai tempat kursus no 1 di Jakarta :D. Ada 200an murid, tapi kepala sekolahnya gak mau buka cabang di tempat lain.
Tiap tahun puluhan siswa Evergreen lanjut sekolah ke Jepang.

Nah, di awal tahun 2010, saya memutuskan untuk belajar bahasa langsung di Tokyo, supaya bisa latihan percakapan tiap hari dengan orang Jepang dan pengalaman hidup di Jepang langsung.


Karena sudah mulai tua ^.^  dan banyak kerjaan, saya coba daftar semester pendek 3 bulan saja.
Kebetulan waktu itu banyak sekolah2 dari Jepang datang ke Evergreen untuk kerjasama, dan akhirnya saya memilih sekolah EASTWEST Nihongo Gakko yang berada di Tokyo semester April (pas musim sakura)

Setelah isi formulir pendaftaran, lengkapi dokumen2 yang diperlukan, langsung transfer uang sekolah 3 bulan, dulu sekitar 16 juta rupiah (tapi tentunya saya dapat diskon lagi :D)

Langkah selanjutnya pesan tiket pesawat dan asrama di Jepang, dan saya apply visa di kedutaan Jepang di Thamrin. Pertama kali apply visa, takut juga kalau sampai ditolak. Tapi untungnya 4 hari kemudian saya sukses dapat visa. Sebenarnya tidak perlu khawatir koq, asal dokumen yang disiapkan harus lengkap ya. Selama ini semua murid Evergreen sukses dapat visa.

Gak berasa tinggal beberapa minggu lagi berangkat ke Jepang, tegang juga karena pertama kali kesana, dan sendirian.

Lanjut di post berikut ~

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang


No comments:

Post a Comment