Saturday, September 26, 2015

Part 5 - Sekolah bahasa di Jepang - Gereja & Mesjid di Tokyo

Pagi2 lagi jalan sendirian lewat depan sekolah, tiba2 ada bapak2 nyamperin ajak ngobrol... Nanya asal dari mana, sekolah dimana dsb.

Sebagai orang Jakarta yang dari kecil sudah terlatih buat selalu waspada sama orang jahat di jalan ^.^ , langsung negative thinking, nih orang mau ngapain nih sok baek O.o

Ceritanya dia orang Korea, namanya mr.Kim, yang sudah lama di Jepang, pengurus gereja di dekat sana. Jemaatnya kebanyakan orang Korea, dan orang2 asing seluruh dunia yang lagi di Tokyo. Dia ngajak mampir ke gereja buat ikut kebaktian.

* Sekedar info, kebanyakan orang Jepang beragama/aliran Shinto, dan gak ambil pusing soal agama. Jadi gereja di sana sepertinya harus usaha untuk cari jemaat.

Sebenarnya saya bukan agama Kristen/Katolik, dan juga masih sedikit ragu juga ini bener orang gereja atau mau niat jahat dsb ^^ (maklum naluri orang indo selalu hati2 sama orang gak dikenal, apalagi tau2 nyamperin di jalan)

Tapi karena belum kenal siapa2 di Tokyo, dan lagi semangat2nya buat nambah teman dan pengalaman baru, akhirnya saya setuju buat coba kesana, janjian ketemu lagi hari minggu buat pergi bareng ke gereja.

Hari minggu pagi, jalan kaki bareng ke gereja, gak jauh dari sekolah, tapi lewat jalan2 kecil, ada lewatin pinggu sungai yang penuh pohon sakura, cakep banget. Gak nyangka ada tempat yg cantik banget di daerah perumahan penduduk sepi begini.


Sakura di pinggir sungai

Sampai juga di gedung ruko yang dipakai untuk acara kebaktian, nama gerejanya Yasehan Church.

Kebaktian disini ada 3 versi, bahasa Jepang, Korea dan Inggris, jadi bisa pilih ikut yang mana. Banyak orang Korea dan bule juga. Hampir gak ada orang Jepang.

Duduk ikut kebaktian sekitar 1 jam. Setelah kebaktian ternyata ada acara Sakura Hanami (Piknik di bawah pohon sakura) bareng di pinggir sungai tadi. Kenalan dengan banyak teman disini. Saya habisin banyak stok daging mereka. Semoga gak nyesel ngundang.
Saya bukan orang gereja, tapi harus diakui kebanyakan mereka ramah dan friendly.



Teman2 baru dari gereja

Gereja, atau mesjid, tempat yang cocok untuk menambah teman, ketemu orang2 yang ramah. Mereka mengerti yang datang ke gereja atau mesjid di Tokyo itu pasti orang2 asing yang jauh dari rumah.

Hampir setiap minggu saya datang kesini, buat ngobrol2 aja. Sampai akhirnya setelah sebulan lebih, dan saya udah punya banyak teman dari sekolah dan sering diajak jalan2, belakangan saya gak pernah datang lagi, sampai dicariin terus. Maaf ya Kim-san :(

Foto bersama mr.Kim yg ramah


Buat yang beragama Kristen, Katolik, Islam, jangan khawatir kesulitan ibadah di Jepang. Ada gereja dan mesjid di beberapa tempat di Tokyo, dan terus bertambah. Di hari raya agama, teman2 seagama dari seluruh dunia banyak berkumpul dan bisa tambah teman baru.

Belakangan ini juga karena semakin banyak murid dan turis muslim dari Indonesia, Malaysia, Turki dsb, restoran dan makanan halal mulai tersedia di Jepang. Memang jumlahnya belum banyak, tapi sudah langkah awal yang baik dan mudah2an terus berkembang. Banyak tempat belanja, dan tentunya sekolah bahasa disini yang menyediakan ruangan untuk sholat.

Contohnya seperti di pusat perbelanjaan Laox di Shinjuku ini, menjual makanan snack halal, dan menyediakan ruangan untuk ibadah





Lanjut ke post berikutnya ~ 

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang







No comments:

Post a Comment