Thursday, October 15, 2015

Part 11 - Sekolah Bahasa di Jepang - Perpisahan

Semua hal, baik atau buruk, pasti akan berakhir.

Gak terasa sudah hampir 3 bulan ada di sini. Sebentar lagi ujian akhir semester, dan kelas terakhir saya di EastWest.

Hari terakhir sebelum ujian, di kelas tidak belajar seperti biasa, tapi hari ini santai nonton anime Jepang (Studio Ghibli) di kelas sambil makan snack. Sebentar lagi semua murid bakal pisah beberapa minggu liburan semester. Tapi buat saya ini perpisahan seterusnya karena minggu depan sudah pulang ke Indonesia. Di kelas yang ambil program 3 bulan cuma saya sendiri. Jadi di kelas terakhir ini juga buat acara perpisahan.

3 bulan belajar disini. Sebenarnya singkat banget. Tapi karena hampir tiap hari main bareng, sama2 gak ada keluarga di Jepang, jadinya teman2 disini sudah seperti keluarga, saling bantu. Sedih juga berpisah sama temen2 baik disini. Foto2 bareng di kelas buat terakhir kalinya.
Teman paling dekat selama di Tokyo, orang Taiwan.
Abg Korea ^^
Abg Korea 2
Cowo Taiwan

Ternyata teman2 sekelas sudah siapin hadiah, papan foto penuh tulisan pesan dari semua murid. Ini jadi kenang2an paling berharga selama studi di Jepang.
Foto kenang2an
Dan tentunya yang gak ketinggalan, sebelum pulang semuanya foto bareng terakhir kalinya.
Foto Kelas
Ujian Semester

Ujian semester, standar aja sih, review semuanya yang sudah dipelajari selama 3 bulan ini. Gak terlalu susah. Cuma ada 1 sesi yang bikin tegang, ada interview masing2 murid dengan sensei. Tiap murid dikasih 1 topik, lalu harus bisa ceritakan panjang lebar ke sensei. Disini dinilai intonasi, penyusunan kalimat dan cara bicara.

Untungnya saya lulus ujian2 ini cukup baik ^^ Karena memang sudah persiapan belajar dari malam2 sebelumnya. Malu kan kalau pulang2 bawa nilai merah :D

Akhirnya sekolah selesai !!! Teman2 semua udah pada janjian buat makan bareng sebelum libur semester. Sensei juga dua2nya ikut. Seru sensei disini semua care sama muridnya, gak cuma sebatas pelajaran doank.

 Kita pergi ke restoran Korean BBQ di daerah Shinjuku. Pesta terakhir. Senang campur sedih disini, karena sebentar lagi udah mesti pulang. Tapi bersyukur juga selama belajar disini jauh dari keluarga, bisa ketemu teman2 baik, yang mau bantu kalau ada kesulitan. Bisa dapat pelajaran banyak dari sensei yg ramah bgt sama muridnya. Pastinya gak selesai sampai disini. Sampai sekarang pun masih contact via facebook, dan kalau ada kesempatan, nanti pasti ketemu lagi di Jepang, Indonesia, Taiwan atau Korea ^^

Bareng sensei kesayangan


Saatnya pulang ke Indonesia. Terima kasih buat pengalaman dan pelajaran berharga selama di Tokyo!

Foto bareng terakhir
~ Selesai ~

Buat teman-teman yang berminat sekolah bahasa, atau ingin kuliah di Jepang, bisa hubungi saya, Sugita Chandra, melalui Kursus Jepang Evergreen di Jakarta. Evergreen siap membantu konsultasi, pendaftaran dan persiapan sebelum berangkat sekolah ke Jepang.

Belajar ke Jepang jadi praktis, nyaman dan tenang.


Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang





4 comments:

  1. Sensei, keren banget cerita perjalanan dan hidup disana.. ^^
    Berharap bisa kesana juga di tahun depan.. :D

    ReplyDelete
  2. Halo, saya lagi pengen2nya belajar bhs jepang tapi kepentok sama jadwal kursus yg rata2 malam (hr biasa) dan sabtu. Saya justru pengennya yg pagi2 hr biasa, sementara hr sabtu saya gak ada waktu. Pak sugita bisa bantukah? Yoroshiku onegaisimasu ^_^

    ReplyDelete
  3. konbanwa sugita sensei
    hajimemashite
    Rahmat maulana to moushimasu
    al azhar indonesia daigaku no gakusei desu
    ichi nensei desu
    yoroshiku onegai shimasu

    ReplyDelete
  4. watashi wa nihongo ga suki desu kara, nihongo wo motto benkyou shitai desu.

    ReplyDelete